Fisioterapi

Beranda   /   Program Layanan   /   Fisioterapi

Fisioterapi

Fisioterapi

Jumlah anak dengan disabilitas, khususnya Cerebral Palsy, di wilayah kabupaten Kulonprogo  cukup banyak. Anak-anak dengan kondisi Cerebral Palsy ini membutuhkan perhatian dan  penanganan yang intensif dan sesuai agar kondisi mereka tidak semakin menurun, namun  sering kita jumpai bahwa mereka menghadapi beberapa tantangan, seperti :

  1. Banyak dari mereka berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi, sehingga mereka kesulitan dalam mengakses layanan kesehatan dan terapi rutin.
  2. Belum banyak keluarga dengan anak disabilitas di wilayah Kabupaten Kulonprogo, khususnya CP, yang memiliki pemahaman tentang kondisi disabilitas anak mereka dan cara penanganan serta perawatannya.
  3. Jarak tempat tinggal mereka yang cukup jauh untuk menjangkau akses layanan terapi yang biasanya ada di rumah sakit.
  4. Belum adanya cukup tempat layanan terapi yang bisa diakses (terjangkau biayanya) oleh keluarga anak CP di wilayah Kabupaten Kulonprogo.

Pada tahun 2014 – 2017, kelompok B&B bekerja sama dengan YAKKUM Emergency Unit dan  Pusat Rehabilitas YAKKUM melaksanakan satu program layanan terapi bagi anak CP yang  dilakukan di wilayah kecamatan Nanggulan, Kulonprogo. Program layanan terapi ini sangat  dirasakan manfaatnya oleh anak dengan disabilitas CP beserta keluarganya, namun sayang  sekali program ini berakhir pada akhir tahun 2017 lalu. 

Kondisi anak dengan disabilitas CP ini sangatlah membutuhkan layanan terapi rutin dan  berkelanjutan, karena apabila terapi ini dihentikan, maka dampaknya adalah kondisi  kemampuan anak bisa kembali menurun, bahkan bisa sampai ke kondisi awal sebelum  diterapi. Dengan melihat kondisi ini dan rasa kepedulian kelompok B&B, maka kami berharap  apabila program layanan terapi bagi anak CP ini, bisa tetap berjalan, sehingga program ini  bisa membantu anak CP dan keluarganya untuk tetap memiliki akses memaksimalkan  kemampuan anak mereka dengan mendapatkan layanan terapi rutin kembali, terjangkau  biayanya dan yang berkelanjutan.

 

Tujuan

  1. Keluarga dengan anak disabilitas, khususnya Cerebral Palsy, memiliki wadah untuk mendapatkan pemahaman kondisi disabilitas anak mereka dan cara penanganan serta perawatannya.
  2. Keluarga mendapat kemudahan akses layanan terapi yang dekat dengan tempat tinggal mereka serta berbiaya terjangkau.
  3. Anak dengan disabiltas, khususnya Cerebral Palsy, mendapatkan layanan terapi yang sesuai dari tenaga ahli professional (Fisioterapis).

 

Penerima Manfaat

B&B baru melayani sekitar 15 - 30 anak dari wilayah sekitar Nanggulan, Kulonprogo sejauh ini,  dikarenakan keterbatasan jumlah fisioterapis yang berkomitmen dalam layanan social dan  lokasi layanan yang cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, serta juga karena keterbatasan  dana operasional.

Selama ini kegiatan layanan terapi sosial kelompok B&B dapat berjalan melalui dukungan  kepedulian dan kebaikan para donatur pribadi antar jejaring teman – program “Sponsorship”.